Museum Tsunami Kota Sigli, TempatMengenang Tragedi Tsunami Aceh di Pidie, Aceh

1,463 views
0

WartaWisata.ID Mendengar nama museum, pasti akan terbayang sebuah tempat yang menyimpan, dan merawat berbagai benda benda bersejarah, yang bernilai pendidikan dan dipamerkan kepada masyarakat luas untuk tujuan informasi, ataupun rekreasi. Beda halnya dengan Museum Tsunami di Kabupaten Pidie, gedung sederhana yang dibangun di atas areal tiga persegi dengan luas lebih kurang 20 kali 15 meter itu tidak difungsikan layaknya sebuah Museum. Museum Tsunami Sigli dibangun untuk mengenang peristiwa tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004.

Museum ini sangat unik, walaupun tidak sebesar Museum Tsunami di Banda aceh. Museum ini memiliki sebuah bola dunia berwarna emas dan ayat suci Al-Quran yang terukir indah di dindingnya. Disebelah kanan terdapat sebuah lorong, dan di dinding-dinding lorong terukir nama-nama korban Tsunami 2004 silam.

Hal ini juga seolah membuka ingatan wisatawan tentang keganasan gelombang tsunami yang meluluh-lantahkan bumi Serambi Mekkah belasan tahun lalu. Museum Tsunami Sigli merupakan bangunan dengan dua lantai serta memiliki empat buah pintu masuk. Pada bagian luar museum, juga terdapat enam buah pilar bergaya arsitektur ala Timur Tengah.

Museum yang indah ini menjadi tempat yang pas untuk mengenang tragedi tsunami yang terjadi di Aceh.

Komentar kamu?