Air Terjun Tangse, Air Terjun Mini di Pidie, Aceh

1,663 views
0

WartaWisata.ID Air Terjun Tangse Terletak di lintasan Sigli – Meulaboeh, tepatnya di gampoeng Desa Meuriya, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Propinsi Aceh. Air terjun ini merupakan destinasi ‘wajib’ jika kamu melintasi rute Beureunuen – Geumpang. Air terjunnya cukup indah berada tepat di dinding tebing, selain itu juga menawarkan pesona alam sekitar berupa hamparan sawah, dan perkebunan.

Akses menuju ke kawasan Air Terjun Tangse terbilang cukup mudah dan tidak terlalu sulit, Sekitar 4 jam berkendara dari Ibukota Provinsi Banda Aceh atau sekitar 2 jam perjalanan jika kamu berkendara dari Ibu kota Kabupaten Pidie, Sigli.

Air Terjun Tangse memiliki ketinggian 5 meter dan gemercik air yang turun dari ketinggian tersebut memecah suasana Tangse nan permai. Karena lokasinya yang berada di pinggir jalan maka di sepanjang perjalanan selama melintas rute tersebut kamu akan disuguhkan dengan panorama keindahan berupa sungai berair jernih dengan hamparan bebatuan yang menjadi sumber penghidupan warganya.
Hamparan sawah dan kebun berlatar pegunungan memeluk kawasan yang bertetangga dengan Geumpang, kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Aceh Barat tersebut.

Ketika musim durian tiba, disekitar Air Terjun Tangse bisa dijumpai para penjual durian dadakan. Wisatawan bisa mencicipi lezatnya durian khas Kabupaten Pidie ini sembari menikmati keindahan air terjun. Tak hanya itu, pengunjung bisa menikmati secangkir kopi hangat di kedai-kedai sekitar air terjun untuk sekedar menghangatkan tubuh yang menggigil kedinginan.

Air yang mengaliri Air Terjun Tangse ini berasal dari sumber mata air pegunungan yang sangat jernih dan segar. Saking jernihnya, wisatawan bisa langsung meminum airnya. Tetapi saat menuruninya kita harus berhati-hati karena bebatuan yang licin.

Selain menjadi tempat wisata, tempat ini bisa dijadikan tempat untuk bersinggah dari lelahnya berkendara dan melepaskan penat para wisatawan.

Komentar kamu?