Air Terjun Renah Sungai Besar, Potensi Wisata Jambi yang Terlupakan

264 views

WartaWisata.ID Air Terjun Renah Sungai Besar merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Bungo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter serta memiliki debit air yang cukup besar dan menjadi tempat wisata favorit masyarakat sekitar dan luar daerah. Air Terjun Renah Sungai Besar memang masih terdengar asing bagi para wisatawan luar daerah, namun tidak bagi masyarakat yang tinggal di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Tempat wisata ini cukup populer dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat sekitar. Debit air yang besar, serta air terjun yang cukup menawan menjadi daya tarik tersendiri untuk melepas penat di akhir pekan.

Secara administratif, Air Terjun Renah Sungai Besar terletak pada Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Untuk menikmati keelokan air terjun ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 80 kilometer dari pusat Kabupaten Bungo. Jarak tersebut dapat ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk menuju ke Air Terjun Renah Sungai Besar. Kondisi jalan dari pusat Kabupaten Bungo menuju ke Desa Renah Sungai Besar pun cukup baik dan beraspal mulus. Namun sesampainya di Desa Renah Sungai Besar, pengunjung harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Setidaknya pengunjung harus berjalan kaki selama 30 menit sebelum sampai di lokasi air terjun.

Bagi para pecinta karya fotografi, tempat wisata ini pun bisa digunakan sebagai destinasi hunting foto. Air terjun ini menawarkan berbagai objek yang indah, untuk kamu bidik dengan menggunakan kamera. Kamu juga bisa mengabadikan keindahan alam sekitar yang masih asri, serta terjaga dari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab.

Komentar kamu?