Masjid At-Taqwa Kutacane, Masjid yang Megah Kebanggaan Aceh Tenggara, Aceh

324 views
0

WartaWisata.ID Aceh merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan kereligiusannya terhadap agama Islam. Bahkan di Aceh telah menerapkan hukum islam sebagai hukum disana. Sedangkan Kutacane merupakan ibukota Aceh Tenggara provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Salah satu masjid yang sangat populer di Ace khususnya Aceh Tengggara yaitu masjid At-Taqwa. Lokasi masjid At-Taqwa tepatnya berada di Jalan Cut Nyak Dhien, Kute Kutacane Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara Provinsi Aceh.

Di Kutacane sejak tahun 1956-1962 sudah berdiri sebuah Masjid Agung At-Taqwa yang berada di komplek pelajar Babussalam di pusat kota Kutacane yang dibangun secara bergotong royong oleh masyarakat muslim disana. Kini masjid tersebut sudah bermetamarfosis menjadi sebuah masjid agung modern dengan rancangan yang sangat apik menghadirkan sebuah masjid bergaya Eropa dengan sentuhan seni islami Aceh yang sangat kental.

Karena masjid At-Taqwa berada dilokasi yang startegis yaitu di tengah-tengah kota, masjid ini selalu ramai setiap saatnya. Terlebih pemandangan keindahan masjid At-Taqwa dapat dilihat dari dataran tinggi di pegunungan Mbarung dan puncak Gunung Pokhkisen. Keindahan dan kemegahan masjid At-Taqwa akan semakin terpancar jika dilihat pada malam hari karena masjid tersebut memiliki tata cahaya yang sangat memukau dan diatur sebaik mungkin.

Dalam pembangunan masjid At-Taqwa dana yang dibutuhkan sebanyak Rp. 72 miliar. Lalu selama 7 tahun pembangunan masjid, akhirnya masjid At-Taqwa diresmikan pada hari jum’at 8 April 2006 dan dihadiri oleh beberapa tokoh penting dan pemerintahan disana. Peresmian masjid At-Taqwa ditandai dengan pemukulan beduk dan penandatangan prasasti disana.

Tempat yang megah nan indah ini patut dijadikan tempat berwisata religius sekaligus beribadah bagi para wisatawan yang beragama Islam.

Komentar kamu?