Tapaktuan Tapa, Bukti dari Legenda Lokal di Aceh Selatan, Aceh

1,368 views
0

WartaWisata.ID Tapaktuan adalah ibukota dan pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Tapaktuan merupakan wilayah kota setingkat kecamatan yang juga dikenal dengan sebutan Kota Naga. Etnis Aneuk Jamee sendiri lebih sering menyebut kota ini dengan sebutan “Taluak”. Kota ini terletak sekitar 440 kilometer dari ibukota provinsi Aceh.

Tapak Tuan Tapa merupakan sebuah situs melegenda di Aceh, yang dipercaya merupakan bekas jejak kaki dari seorang pertapa yang dikenal dengan Tuan Tapa. Nama ini juga diabadikan menjadi nama ibukota Aceh Selatan.

Legenda lokal menyebutkan itulah tapak kaki Tuan Tapa, tokoh dalam cerita legenda Aceh Selatan. Keberadaan tapak yang terletak di kaki Gunung Lampu, Tapaktuan, ini menjadi daya tarik wisatawan. Untuk berkunjung ke sana memang tidak mudah. Pengunjung harus melewati batu karang beragam ukuran.

Untuk melihat Tapak Tuan Tapa dari dekat diperlukan usaha ekstra bagi wisatawan. Dari pintu masuk, wisatawan bisa menggunakan anak tangga serta sebuah bangunan baru yang diberi pembatas guna keselamatan wisatawan. Dari sini akan terlihat dengan jelas jejak kaki raksasa tersebut yang tepat berada di tepi samudra. Jika ingin lebih dekat, wisatawan harus melewati bebatuan karang yang licin terkena air laut. Wisatawan diharapkan untuk berhati-hati ketika ingin lebih dekat melihat Tapak Tuan Tapa tersebut karena telah banyak korban yang tersapu gelombang besar samudra.

Komentar kamu?