Taman Nasional Wakatobi, Nirvana Bawah Laut di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

1,202 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Wakatobi memiliki 4 bagian pulau besar, yaitu Kaledupa, Wangi-wangi, Sulawesi Tenggara, dan Binongko yang terletak di Kabupaten Wakatobi sendiri. Taman Nasional Wakatobi mempunyai lahan kurang lebih 1.390.000 hektar. Wakatobi memiliki kekayaan keanekaragaman alam bawah laut yang sangat lengkap, semacam terumbu karang dan berbagai binatang laut. Karena itu, Taman Nasional Wakatobi menyuguhkan pemandangan bawah laut yang begitu mempesona dan sangat cocok sebagai tempat penyelaman.

Taman Nasional Wakatobi terdiri dari empat pulau besar, yaitu: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dengan keindahan panorama bawah lautnya serta gugusan terumbu karang yang beraneka ragam merupakan andalan taman wisata Wakatobi. Terdapat sekitar 112 jenis terumbu karang dari 13 famili yang tersebar di 25 titik. Selain keanekaragaman terumbu karang, Taman Nasional Wakatobi mempunyai spesies ikan yang berjumlah sekitar 93 spesies.

Untuk menuju lokasi Wakatobi, wisatawan harus melalui 3 tahap. Yang pertama, dimulai dari Kendari menuju Bau-bau dengan transportasi udara maupun laut. Jika menggunakan transportasi udara, perjalanan hanya ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Jika menggunakan transportasi laut, membutuhkan waktu 4 jam lebih.

Karena kehidupan bawah laut yang megah, Wakatobi dengan cepat mendapatkan perhatian dunia untuk penyelaman yang berkualitas yang bisa dilakukan oleh pemula hingga profesional. Tidak mengherankan, karena itu, pemilik boat membuat pelabuhan untuk persinggahan mereka. Selain tempat menyelam, Wakatobi juga memiliki banyak pantai yang luar biasa.

Tidak lengkap kalau ke Wakatobi belum mengunjungi tempat yang indah yang satu ini.

Komentar kamu?