Taman Nasional Lore Lindu, Taman Dengan Patung Megalit yang Unik di Sulawesi Tengah

1,210 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) merupakan taman nasional di Indonesia yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah dan salah satu lokasi perlindungan hayati Sulawesi. Taman Nasional Lore Lindu terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu di sebelah selatan. Taman Nasional Lore Lindu menjadi rumah bagi flora dan fauna endemik langka yang hanya terdapat di Sulawesi. Anda bahkan tidak akan bisa menemukan flora dan fauna tersebut di belahan dunia lainnya.

Di sini, para wwisatawan akan menjumpai kawasan pegunungan, rawa, danau, dan hutan dalam satu kompleks Taman Nasional yang begitu luas. Danau Lindudi di kaki Gunung Nokilalaki berada di ketinggian 2355 meter diatas permukaan laut dan menjadi sumber mata pencaharian bagi nelayan setempat. Sedangkan puncak tertingginya berada di Gunung Rorekatimbu yang terletak 2.600 meter di atas permukaan laut.

Di Taman Nasional Lore Lindu tinggal 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 jenis reptilian, dan 19 jenis amfibi. Darisemua jenis fauna tersebut 50 persen diantaranya merupakan fauna endemik Sulawesi. Beberapa fauna endemik yang tinggal di sini antara lain adalah kera tonkean, babi rusa, tangkasi, kuskus, maleo, katak Sulawesi, musang Sulawesi, tikus Sulawesi, kangkareng sulawesi, ular emas, dan ikan endemik di Danau Lindu.

Di hutan ini juga tumbuh flora endemik, yakni wanga dan leda. Karena baunya yang harum, dua jenis pohon ini sering dijadikan bahan kosmetik kecantikan. Anda juga bisa menemukan tumbuhan sejenis rotan, pohon Ara, aren, damar, kantung semar, serta pangi.

Patung-patung megalit yang usianya mencapai ratusan bahkan ribuan tahun tersebar di kawasan Taman Nasional Lore Lindu seperti Lembah Napu, Besoa dan Bada. Patung-patung ini sebagai monumen batu terbaik di antara patung-patung sejenis di Indonesia. Patung megalit memiliki lima macam seperti patung-patung batu, kalamba, tutu’na, batu Dakon, dan mortar batu.

Komentar kamu?