Pulau Karampuang, Surga yang Tersembunyi di Mamuju, Sulawesi Barat

1,468 views
0

WartaWisata.ID Pulau Karampuang merupakan sebuah pulau yang terletak di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.Pulau ini memiliki luas sekitar 6 Km persegi dan kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi di Pulau Sulawesi. Pulau Karampuang merupakan lahan hutan kota Mamuju. Selain itu, pulau ini juga menjadi salah satu obyek wisata di Mamuju. Dinamakan Karampuang yang berasal dari bahasa Mamuju yang berarti rembulan atau bulan purnama.

Konon pulau itu menjadi tempat persembunyian para raja dari kejaran tentara Belanda, di masa kolonialisme. Persembunyian dinamakan karampuang sebab kata itu disusun dari Kara artinya karang, batu, atau pulau; dan Puang artinya bangsawan, ningrat, raja (maradika). Dari gabungan dua kata itu membentuk sebuah arti pulau para raja atau pulau para bangsawan. Bahasa itu berasal dari bahasa suku di Sulawesi seperti Bugis, Makassar, dan Toraja.

Pulau Karampuang memiliki keindahan bawah laut yang berupa terumbu karang dan biota laut yang mengagumkan bagi siapa saja yang melihatnya. Bahkan kawasan terumbu karang di pulau ini masih sangat alami sehingga para penyelam bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Karampuang. Selain itu, di kawasan pulau ini juga terdapat sebuah dermaga kayu sepanjang 500 meter dan dibangun dari garis pantai yang menjorok ke laut. Air lautnya pun juga sangat bersih dan jernih tidak kalah dengan pemandangan bawah laut.

Objek wisata Pulau Karampuang berjarak sekitar empat kilometer dari pusat Kota Mamuju atau sekitar 20 menit menggunakan kapal motor yang mudah didapati di pelabuhan tempat pelelangan ikan (TPI) Kasawi di Mamuju dan biaya sewa berkisar Rp 20.000 saja.

Di kawasan pulau ini juga terdapat sumur tiga rasa atau yang sering dikenal dengan nama Sumur Jodoh. Sumur ini tepatnya berada di bagian selatan dari Pulau Karampuang. Banyak masyarakat yang percaya bahwa sumur ini bisa mendatangkan jodoh bagi siapa saja baik perjaka ataupun gadis yang meminum air sumur ini. Untuk rasa air di sumur ini memang benar bahwa sumur ini memiliki 3 rasa yang berbeda.

Objek wisata ini sangat cocok untuk para wisatawan yang hobi snorkling di Sulawesi Barat.

Komentar kamu?