Keindahan Suasana Berwisata Alam di Tasik Air Putih Meranti

1,091 views
0

WartaWisata.ID Sebagai salah satu kabupaten yang ada di daerah pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti cukup kaya dengan objek wisata perairan. Salah satu yang cukup populer adalah Tasik Air Putih. Tasik dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai danau, merupakan perairan air tawar yang cukup luas dan menjadi sumber air bersih di daerah tersebut. Tasik Air Putih yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti terletak di Desa Teluk Samak, Kecamatan Rangsang. Atau sebelah sebelah selatan dari Kota Selatpanjang. Tasik Air Putih merupakan danau dengan air tawar yang jernih, memiliki lebar 800 meter. Dibandingkan dengan tasik lainnya yang ada di Kepulauan Meranti, Tasik Air Putih menjadi tasik paling besar dan saat ini telah dikembangkan menjadi sumber air bersih di daerah Rangsang, Kepulauan Meranti. Di sekeliling Tasik Air Putih, terbentang hutan lindung yang menjadi kawasan suaka margasatwa.

Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke lokasi Tasik Air Putih yang ada di Kecamatan Rangsang. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melakukan perjalanan menuju Kota Selatpanjang sebagai ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Pekanbaru, maka Anda bisa menempuh dua rute. Rute pertama Anda menggunakan travel menuju ke Pelabuhan Buton selama lebih kurang 3 jam perjalanan darat. Dari Pelabuhan Buton, Anda naik kapal lagi menuju Pelabuhan Tanjung Harapan yang ada di Selatpanjang. Lalu dari Selatpanjang, Anda naik kapal kecil menuju ke Kecamatan Rangsang. Setelah sampai di Rangsang, Anda bisa menempuh perjalanan darat untuk sampai ke lokasi Tasik Air Putih. Ongkos kapal Pekanbaru-Selatpanjang sekitar 165ribu rupiah. Dari Pelabuhan Sungai Duku, Anda akan berlayar selama kurang lebih 30 menit menuju Perawang. Selanjutnya, Anda akan naik bus besar yang sudah disediakan pihak armada menuju ke Pelabuhan Buton. Lalu dari Pelabuhan Buton, Anda akan naik kapal lagi menuju ke Selatpanjang sekitar satu jam lebih perjalanan. Total perjalanan biasanya sekitar 4 jam. Setelah sampai di Selatpanjang, maka Anda harus melanjutkan lagi rute ke Kecamatan Rangsang menggunakan kapal kecil. Yang perlu Anda ketahui, jadwal kapal setiap harinya hanya ada di jam-jam tertentu, maka Anda harus benar-benar mengatur jadwal perjalanan Anda sebab tidak bisa pergi secara mendadak.

Ada beberapa tasik yang menjadi sasaran objek wisata bagi para pengunjung dan masyarakat Kepulaun Meranti. Yaitu Tasik Putri Pepuyu, Tasik Nambus dan Tasik Air Putih, yang mana Tasik Air Putih adalah salah satu tasik terlebar di Kabupaten Kepulauan Meranti, yaitu 800 meter. Tasik sendiri merupakan danau dengan luas ribuan meter yang berada di tengah-tengah hutan sebagai penampung jutaan kubik air bersih.

Komentar kamu?