Ekowisata Taman Nasional Tesso Nilo Riau

323 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Tesso Nilo adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Riau, Indonesia. Taman nasional ini diresmikan pada 19 Juli 2004 dan mempunyai luas sebesar 38.576 hektare. Kawasan yang masuk wilayah taman nasional ini adalah kawasan bekas Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Hingga kini di sekelilingnya masih terdapat kawasan HPH. Terdapat 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia di setiap hektare Taman Nasional Tesso Nilo. Tesso Nillo juga adalah salah satu sisa hutan dataran rendah yang menjadi tempat tinggal 60-80 ekor gajah dan merupakan kawasan konservasi gajah.

Bagi wisataawan yang penasaran dan ingin berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo dapat menempuh jalur lintas timur dari Kota Pekanbaru menuju Ukui, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju desa Lubuk Kembang Bungo yang merupakan desa yang berbatasan langsung dengan kawasan TNTN. Perjalanan dari Kota Pekanbaru bisa memakan waktu hingga 6 jam sampai ke lokasi. Karena statusnya Taman Nasional atau kawasan konservasi, kegiatan wisata di TNTN merupakan wisata terbatas sehingga perlu mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Selain menjadi kawasan Taman Nasional, Tesso Nilo juga menyajikan kawasan wisata alam di Riau dengan menyajikan pemandangan alam yang indah dan menarik serta kehidupan satwa liar yang hidup di alam bebas. Di Taman Nasional Riau kita dapat menemukan tempat konservasi habitat gajah.

Komentar kamu?