Danau Tondano, Danau Terluas di Sulawesi Utara

1,562 views
0

WartaWisata.ID Danau Tondano adalah sebuah danau yang berada di antara dua kabupaten yakni Kabupaten (Kota) Tomohon dan Kabupaten Kawangkon. Tepat nya di Desa Remboken, sekitar 3 km dari kota Tomohon atau 30 km dari Manado dan 2 km dari Kota Tondano. Danau ini berada di ketinggia 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 4.278 hektar. Dengan luas kurang lebih 4.278 hektar, danau ini tercatat sebagai danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara.

Ada 3 gunung dan 1 bukit yang memutari area sekitar danau yaitu, Gunung Lembean, Gunung Kaweng, Gunung Masarang dan Bukit Tampusu. Satu yang terlihat jelas adalah Gunung Kaweang yang nampak menjulang tinggi dari tepi danau.

Air yang tertampung di danau ini difungsikan untuk menyuplai kebutuhan air masyarakat sekitar. Terkadang di tepian danau terdapat tambak-tambak para nelayan yang tersusun rapih menjaga agar ikan-ikan tidak keluar. Suasana di sekitar danau pun terasa begitu sejuk meskipun siang hari terasa begitu terik. Tidak heran beberapa penginapan di sini menawarkan pemandangan langsung menghadap danau. Penginapan ini mulai ada sejak tahun 90-an saat wisata alam ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau ini bisa berkeliling danau menggunakan jasa penyewaan perahu yang banyak terdapat di pinggir danau. Harga sewa nya untuk satu perahu cukup murah yakni Rp 50.000 dengan muatan 10 penumpang.

Komentar kamu?