Pura Uluwatu, Pura Sejuta Keindahan di Badung, Bali

149 views
0

WartaWisata.ID Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura Uluwatu salah satu obyek wisata andalan Pulau Dewata, dibangun di atas batukarang terjal dan tinggi sekitar 70 meter, posisi karang ini menjorok ke laut (samudra Indonesia) yang terkenal dengan keindahan sunset / matahari tenggelam.

Pura yang terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Pura Uluwatu terletak pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.

Objek wisata ini terletak di ujung Barat Daya Pulau Dewata, tempatnya tergolong terjangkau dari tempat-tempat pariwisata lainnya, sehingga sayang jika pada saat mengagendakan tour atau sewa mobil di Bali melewatkan tempat ini begitu saja.

Uluwatu merupakan gudangnya pantai-pantai terbaik di Pulau Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi beberapa pantai tersembunyi yang ada. Inilah 4 yang terbaik diantaranya gua di Pantai Suluban, Surga yang terlupakan di Pantai Green Bowl, Pantai pasir putih yang indah di Pantai Nyang Nyang, dan Tebing menjulang tinggi di Pantai Melasti. Pura ini juga tempat yang pas untuk menikmati sunset yang indah.

Komentar kamu?