Museum Rumah Bundar Tarakan, Tempat Bersejarah Yang Unik di Kota Tarakan, Kalimantan Utara

591 views
0

WartaWisata.ID Museum Rumah Bundar adalah salah satu objek sejarah yang berada di kawasan kampung baru Jl. Danau Jempang Kelurahan Pramusian Kecamatan Tarakan tengah Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. lokasi tersebut dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Bandara Juwata Tarakan. Seperti namanya Rumah Bundar, di mana atap dari bangunan museum tersebut berbentuk setengah lingkaran. Bangunan ini didirikan oleh tentara Australia pada tahun 1945 sebagai tempat tinggal setelah merebut kekuasan dari tangan Jepang. Bangunan lainnya yang termasuk peninggalan sejarah adalah perumahan staf BPM, Klenteng, Masjid, dan lain-lain.

Tentunya kita akan melihat banyak sekali peninggalan peninggalan sejarah bekas perang dunia ke II di tempat ini, semua benda benda sejarah tersebut dirawat sangat rapih dan apik di dalam lemari kaca sehingga sampai sekarang pun benda benda tersebut masih dapat kita lihat dengan baik bentuknya, beberpa benda tersebut seperti sepatu, senjata senjata, peluru tentara Jepang dan juga perlengkapan perlengkapan perang pada saat perang dunia ke II, tidak hanya itu kita juga akan melihat baling baling pesawat tempur yang digunakan pada masa peperangan itu.

Di tempat ini juga para pengunjung dapat melihat peninggalan dari kesultanan Bulungan seperti tempat tidurnya, foto fotonya, duplpikat baju kebesar yang dulu dipakai oleh sultan serta barang barang antic seperti mobil kotak, uang uang zaman dulu, telepon jaman dulu yang masih system putar hingga keramik yang sudah berusia hingga 400 sampai 600 tahun lamanya.

Benda benda bersejarah yang disimpan apik dan rapih di dalam tempat wisata sejarah ini memang berhasil memikat masyarakat khusunya masyarakat Tarakan untuk datang berkunjung dan mempelajari sekaligus mengenal lebih dekat tentang masa masa perang dunia ke II.

Komentar kamu?