Taman Nasional Kutai, Flora dan Fauna yang Mengagumkan di Kutai Timur, Kalimantan Timur

2,439 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Kutai merupakan obyek wisata alam yang didalamnya terdapat kehidupan flora dan fauna yang langka serta dilindungi. Tempat wisata ini secara administratif terletak di Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang. Taman Nasional ini merupakan wakilan hutan ulin yang paling luas di Indonesia, disana anda dapat melihat Pohon ulin yang terdapat di Desa Sangkima yang memiliki tinggi bebas cabang 45m, diameter 225 cm atau keliling batang 760 cm dengan volumenya 150 m3, Pohon ini tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari Kota Samarinda yang berjarak sekitar 120 Km atau bila dari Kota Balikpapan dapat kita tempuh dengan waktu sekitar 6 jam yang berjarak sekitar 240 Km. Taman Nasional Kutai yang mempunyai panorama alam cukup memukau memiliki luas wilayah sekitar 198.629 hektar.

Di TNK juga memiliki beberapa tumbuhan yang dapat anda temui seperti Bakau, Tanncang, Cemara Laut, Simpur, Meranti, Bwenuang, Kapur, Ulin, 3 jenis Reflesia dan berbagai jenis anggrek, dengan kawasan hutan hujan dataran rendah TNK memiliki beragam fotensi fora dengan jumlah mencapai 958 jenis.

Di sana Anda juga bisa menjumpai flora yang semakin langka seperti tumbuhan Gaharu, Kantong Semar dan Anggrek hutan, di TNK juga hidup sekitar 80 persen dari seluruh jenis burung di Borneo, dan lebih 80 jenis mamalia Borneo termaksud Orangutan (Pongopygmaeus).

Kawasan ini sebenarnya menjadi habitat kelompok primata seperti orangutan, owa Kalimantan, Bekantan, Kera ekor panjang, beruk dan kukang, tidak hanya itu di TNK juga menjadi habitat dari kelompok ungulata seperti Banteng, Rusa Dsambar, Kijang dan Kanil, kelompok ini dapat ditemui disemua kawasan TNK.

Taman Nasional ini memang memiliki banyak keindahan dari flora dan fauna yang tidak bisa para wisatawan lewatkan.

Komentar kamu?