Museum Mulawarman, Tempat Para Kesultanan di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

629 views
0

WartaWisata.ID Museum Mulawarman merupakan salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara. Museum Mulawarman terletak di Tenggarong, yang merupakan ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara. Museum Mulawarman merupakan kompleks museum yang terdiri dari Museum Mulawarman, Kompleks Makam Sultan, dan Pusat Oleh-oleh / Pusat Cinderamata. Museum Mulawarman setidaknya memiliki kurang lebih 5.373 koleksi benda bersejarah yang terbagi dalam berbagai jenis. Namun klasifikasi itu berdasarkan pada klasifikasi museum secara umum. Dari total 5.373 buah.

Jarak tempuh museum Mulawarman dari Balikpapan berkisar 3 jam. Sedangkan apabila Anda mengakses museum dengan perjalanan darat dari Samarinda akan memakan waktu sekitar 45 menit.

Di bagian halaman depan museum terdapat duplikat Patung Lembuswana yang merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara. Arsitektur dari museum ini mengadopsi dari arsitektur tradisional Suku Dayak yang ada di Kutai.

Istana sebelumnya yang terbakar dan diresmikan pada tanggal 25 November 1971 oleh Gubernur Abdoel Wahab Sjahranie, lalu diserahterimakan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 18 Februari 1976.

Museum Mulawarman dibuka untuk pengunjung setiap hari. Tarif masuk ke Museum Mulawarman kategori dewasa Rp. 2.500, per orang dan anak-anak Rp.1.000, per orang.

Komentar kamu?