Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Taman yang Indah yang memacu Adrenalin di Maros, Sulawesi Selatan

1,244 views
0

WartaWisata.Id Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (atau disingkat TN Babul) terletak di Sulawesi Selatan. Secara kewilayahan, batas-batas TN Babul adalah sebagai berikut : Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Barru dan Bone, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep. Taman nasional ini ditunjuk menjadi kawasan konservasi atau taman nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Saat ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, yang berkedudukan di kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan.

Sebagai objek wisata andalan, Bantimurung menyodorkan beragam atraksi wisata menarik. Air terjun yang mengalir deras, aliran sungai dengan tepian berbatu yang diapit kokohnya tebing terjal, serta sejuknya hawa menjadi suguhan yang mengundang banyak pengunjung. Bantimurung pun dikenal hingga ke mancanegara sebagai “The Kingdom of Butterfly”. Sebuah julukan yang diberikan karena keanekaragaman dan kelimpahan kupu-kupunya ini pulalah yang mendasari Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung mengembangkan penangkaran kupu-kupu yang diusung dalam konsep Taman Kupu-kupu.

Terkenal dengan Helena Sky Bridge, jembatan ini baru berdiri Januari 2017, tetapi hingga kini kian populer. Hasil foto wisatawan di spot ini memang menggiurkan. Untuk menaikinya pengunjung diharuskan antre, karena jembatan dengan panjang 50 meter ini memiliki masksimal bobot. Pengelolanya membatasi hanya lima orang sekali naik jembatan ini. Tiket masuk untuk hari biasa Rp 20.000, kalau hari libur 22.500. Buka setiap hari, pukul 08.00-17.00.

Pemandangan yang indah sekaligus memacu adrenalin menjadikan taman ini sebagai destinasi yang cocok untuk para wisatawan yang ingin berpetualang.

Komentar kamu?