Gunung Gamalama, Wisata Kaki Gunung yang menyegarkan Mata di Ternate, Maluku Utara

938 views
0

WartaWisata.ID Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku, Indonesia. Pulau ini ada di pesisir barat Pulau Halmahera yang ada di bagian utara Kepulauan Maluku. Selama berabad-abad, Ternate adalah pusat benteng Portugis dan VOC Belanda untuk perdagangan rempah-rempah, yang telah mencatat aktivitas volkanik Gamalama. Gunung Gamalama mempunyai ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane pada ketinggian 1.200 – 1.500 m dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 m.

Wisata mengelilingi kaki Gunung Gamalama diminati wisatawan Nusantara (wisnus) dan mancanegara (wisman). Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Ternate Samin Marsaoly mengatakan, hampir semua turis yang mengunjungi Ternate selalu ingin menikmati wisata kaki gunung tersebut.

Salah satu alasan mengapa wisata ron begitu diminati karena tak membutuhkan banyak biaya. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu untuk jasa ojek sepeda motor atau Rp 300 ribu bila ingin menaiki angkutan mobil, wisatawan sudah bisa menyusuri indahnya gunung setinggi 1.715 m.

Di sepanjang jalan, turis bisa menyegarkan mata dengan suguhan berbagai tempat wisata yang dilewati. Misalnya objek wisata peninggalan sejarah yaitu Benteng Oranje, Benteng Toloko, Benteng Kastela, Benteng Kalamata dan Kedaton Kesulatan Ternate. Ada pula Pantai Tobololo, Pantai Sulamadaha, dan Pantai Jikomalamo.

Komentar kamu?