Pembagian Tugas dalam Pengembangan Pariwisata

"Kewirausahaan di sektor pariwisata penting agar selalu muncul inovasi dan kebaruan produk juga layanan jasa wisata, terutama yang mengedepankan orisinalitas dan lokalitas"

1,110 views
0

WartaWisata.ID Seperti yang telah dipaparkan Sebelumnya, permasalahan pariwisata di Indonesia itu ada tiga: infrakstruktur, kebersihan lingkungan, dan kualitas sumber daya. Tugas pemerintah dan pemerintah daerah memfasilitasi ketersediaan infrastruktur pariwisata sehingga obyek wisata mudah diakses secara mudah dan murah. Infrastruktur pariwisata mencakup fasilitas pendukung dan penunjang, peralatan, sistem, proses, dan sumber daya yang diperlukan untuk memfungsikan setiap tujuan wisata yang meliputi jalan, kereta api, bandara, dan sejenisnya, yang membuat tujuan wisata dapat diakses oleh wisatawan. Selain itu, termasuk sistem perawatan kesehatan, layanan, dan layanan publik, juga fasilitas bagungan yang diadakan untuk kegiatan pariwisata.

Tujuan utama infrastruktur pariwisata adalah menyediakan akomodasi dan memenuhi kebutuhan serta keinginan wisatawan dalam bentuk hotel, tempat perkemahan, restoran, fasilitas olahranga, dan sejenisnya. Ketersediaan infrastruktur pariwisata akan meningkatkan efisiensi dalam distribusi dan produksi layanan wisata, termasuk layanan tujuan wisata daerah terpencil. Bagi wisatawan, keberadaan infrastruktur wisata membantu mereka untuk menuju destinasi wisata dengan mudah.

Ada empat infrastruktur pariwisata yang perlu mendapat perhatinan. Pertama, infrastruktur fisik seperti hotel, restoran, listrik. Kedua, infrastruktur budaya seperti budaya yang berkembang di masyarakat, heritage (benda cagar budaya), festival seni pertunjukan, seni lokal, makanan, musik daerah, dan lainnya. Ketiga, infrastruktur untuk mendukung layanan prima seperti fasilitas perbankan, travel agency, lembaga asuransi, dan pemandu wisata. Keempat, infrastruktur yang mendukung tata kelola pariwisata seperti instrumen penegakan hukum, imigrasi, dan beacukai. Kualitas keempat infrastruktur tersebut mempengaruhi kunjungan wisata. Investasi untuk memoderenisasi infrastruktur pariwisata sangat sibutuhkan agar indonesia tampil lebih menarik di mata wisatawan dan mudah dikunjungi.

Kewirausahaan di sektor pariwisata penting agar selalu muncul inovasi dan kebaruan produk juga layanan jasa wisata, terutama yang mengedepankan orisinalitas dan lokalitas. Oleh karena itu, kerja sama antara pemangku kepentingan sangat diperlukan. Keunggulan singapura, Thailand, dan Malaysia dalam menarik wisatawan asing karena kualitas infrastrukturnya terutama infrastruktur fisik, infrastruktur yang mendukung layanan, dan infrastruktur yang mendukung governance di sektor pariwisata. Ketiga persoalan ini yang harusnya dibenahi terutama oleh pemerintah dan pemerintah daerah.

Entrepreneurial Government by Fadel Muhammad :

Sumber : Majalah Warta Ekonomi No K9 Tahun 2018

Komentar kamu?