Istana Siak Sri Inderapura, Istana Megah di Kabupaten Siak, Riau

276 views
0

WartaWisata.ID Istana Siak Sri Inderapura atau Istana Asserayah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Inderapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. Kini istana ini masuk wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Siak.

Letak Istana Siak Sri Indrapura di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Kabupaten Siak, Riau

Bangunan istana ini terdiri dari dua lantai. Di lantai bawah, terdapat beberapa ruangan yaitu beberapa ruang tamu, ruang siding, dan ruang pesta. Sementara lantai atas merupakan ruang peristirahatan sultan.

Di dalam istana juga masih tersimpan dengan baik peninggalan-peninggalan seperti kursi singgasana kerajaan yang berbalut (sepuh) emas, duplikat mahkota kerajaan, brankas kerajaan, payung kerajaan, tombak kerajaan, komet sebagai barang langka.

Selain itu, ada pula berbagai senjata, cermin, lampu Kristal, serta keramik dari Cina dan Eropa. Selain berwisata, kita pun juga dapat menambah ilmu dengan mengunjungi Istana ini.

Komentar kamu?