Gunung Kaba yang Penuh Keindahan di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu

1,286 views
0

WartaWisata.ID Gunung Kaba adalah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong , Provinsi Bengkulu, Indonesia. Dari Kota Curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km.

Gunung dengan ketinggian 1.938 mdpl ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Puncak Gunung ini dihiasi dengan dua buah kawah yang masing-masing berwarna hijau dan putih kecoklatan. Gunung dengan ketinggian 1937 mdpl ini masuk dalam Taman Wisata Alam dengan luas wilayahnya sekitar 13.940 Ha. Kawasan ini digunakan sebagai salah satu area untuk perlindungan Bunga Rafflesia Arnoldi karena memang populasinya yang makin berkurang.

Terdapat dua buah jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai puncak. Jalur pertama menyuguhkan pemandangan hutan lebat yang penuh semak belukar dengan jurang di kanan-kirinya, sedangkan jalur yang lain telah dikeraskan dengan menggunakan aspal. Waktu tempuh dari pos pendakian menuju puncak adalah 2-3 jam perjalanan.

Gunung ini memang biasa digunakan untuk wisata dan pendakian. Panorama alam yang disajikan diawal perjalanan adalah hijaunya perkebunan sayur milik warga lokalnya. Wisatawan dan pendaki juga akan melewati sungai kecil yang airnya sangat jernih dan menyegarkan. Vegetasi hutan hujan tropis yang masih alami dan rimbun juga akan menemani setiap langkah wisatawan.

Jika beruntung maka wisatawan akan bertemu dengan gerombolan siamang yang hidup bebas di sekitaran hutan. Di area tempat penginapan di sekitar hutan Bukit Kaba, wisatawan dapat menyaksikan indahnya cahaya ribuan bintang saat malam hari yang cerah.

Komentar kamu?