Gunung Klabat, Kota Bitung Gunung Tertinggi dan Tempat Trekking Favorit di Sulawesi Utara

1,047 views
0

WartaWisata.ID Klabat adalah gunung tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Puncak Gunung mencapai ketinggian sekitar 2100 meter. Gunung ini, oleh masyarakat Tonsea (suku Minahasa Utara) juga disebut sebagai Gunung Tamporok. Gunung ini merupakan obyek wisata alam dan bisa ditelusuri dari Airmadidi, ibu kota Kabupaten Minahasa Utara. Gunung Klabat adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Bagian atas Gunung Klabat memiliki kawah yang berbentuk dengan danau kecil yang menampung air yang berkilau bersih. Untuk mendaki Gunung Klabat melalui kawasan perairan Madidi bisa ditempuh dalam waktu 8 jam perjalanan.

Gunung Klabat sangat mudah dijangkau; Hanya 1 jam berkendara dari Manado di sepanjang jalan utama menuju Bitung dengan mobil, dan tersedia bus reguler. Titik awal pendakian adalah kota Airmadidi, yang berada pada ketinggian 260 m. Anda dianjurkan untuk mendaftar di buku tamu di kantor polisi di jalan utama. Polisi juga dapat merekomendasikan pemandu pendakian, meskipun pemandu lokal menunjukkan bahwa mereka berencana mendirikan kantor pusat trekking kecil di dekat kantor polisi. Untuk biaya masuk, pengunjung tak perlu merogoh kocek dalam. Per pengunjung petugas hanya mengenakan biaya sebesar Rp 2000 ditambah Rp 1000 bagi sepeda motor dan Rp 2000 per kendaraan roda empat. Sungguh biaya yang teramat kecil dibandingkan dengan kepuasan yang didapat dari tempat ini.

Bagi Anda yang telah memutuskan mendaki Gunung Klabat, ada baiknya Anda membawa kantong atau sejenisnya untuk membungkus sampah anda selama di atas dan membawanya turun kembali.

Komentar kamu?