Berwisata Sambil Menilik Jejak Sejarah di Monumen Korban 40.000 Jiwa, Sulawesi Barat

815 views
0

WartaWisata.ID Monumen korban 40.000 jiwa merupakan salah satu obyek wisata sejarah Sulawesi Selatan. Monumen tersebut berdiri sebagai pengingat peristiwa tahun 1946 hingga tahun 1947 silam. Dimana pada saat itu menjadi lembaran kelam bagi masyarakat Sulawesi Selatan, sebanyak 40.000 orang tewas dibantai oleh pasukan belanda, yang dipimpin oleh Kapten Raymond Paul Piere Westerling dalam sebuah operasi penumpasan pemberontak.

Monumen korban 40.000 jiwa ini terletak sekitar empat kilometer sebelah utara pusat kota Makassar, atau tepatnya di jalan Langgau, Makassar Sulawesi Selatan. Tempat itu dapat dijangkau menggunakan angkutan umum. Dari lapangan karebosi atau angkutan jurusan Tello. Lalu berhenti diperbatasan antara jalan Pongtiku dengan jalan Langgau. Nah dari sana, Anda tinggal melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter menuju monumen itu. Ditempat bersejarah ini, pengunjung tidak dikenakan tarif masuk. Tetapi yang perlu Anda ketahui waktu kunjungan ke monumen ini, mulai hari Senin – Sabtu dimulai pukul 8 pagi hingga 4 sore hari.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ketempat itu, baiknya memilih waktu menjelang peringatan hari bersejarah tersebut. Sebab hari-hari biasa tempat itu terlihat sepi. Olehnya itu, monumen baru ramai dikunjungi ketika pada tanggal 11 Desember.

Komentar kamu?