Gua Hawang, Gua “Hantu” yang Menyejukkan

118 views

WartaWisata.ID Keindahan pesona Indonesia bahkan tersimpan pula di tempat tersembunyi. Bila wisatawan selama ini hanya tahu tentang Pulau Kei yang menyuguhkan keindahan pantainya yang eksotis,ternyata juga menyimpan keindahan dalam gua yang menakjubkan.

Gua tersebut diberi nama Gua Hawang yang terletak di Desa Letyuan, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Gua yang dikelilingi hutan ini memiliki kolam yang airnya jernih. Bahkan, lokasinya hanya berjarak 15 km dari Kota Tual.

Konon nama gua Hawang berawal mula dari kutukan terhadap seorang pria pemburu bersama 2 anjingnya. Tatkala kelelahan berburu tanpa hasil, mereka tiba di gua ini dan meminum airnya. Karena terasa pahit, pemuda ini lantas mengucapkan sumpah serapah, sehingga ia & anjingnya akhirnya dikutuk menjadi batu oleh para roh penghuni gua.

Hawang sendiri berarti ‘hantu’, dimana masyarakat setempat masih percaya akan keberadaan roh-roh di sekitar gua. Karenanya pantang bagi pengunjung untuk mengucapkan kata-kata kasar di sekitar sini. Termasuk larangan bagi wanita haid untuk turun mendekat.

Sebagai salah satu objek wisata alam, Goa Hawang menawarkan keindahan karena dikelilingi hutan, pesona yang memanjakan mata melalui stalagtit dan stalagmit yang menghiasi atap dindingnya.

Berbeda dengan gua – gua pada umumnya yang berlantai tanah, Goa Hawang memiliki lantai yang sepenuhnya adalah air / kolam, Air yang sangat jernih sehingga kita bisa langsung melihat dasar goa. Wisatawan biasanya memilih langsung berenang, menyelam lantaran airnya yang sangat sejuk.

Visual lengkapnya seperti ini:

Bagaimana Menyejukkan bukan? Hati akan terasa terpanggil untuk menikmati kesejukannya

Komentar kamu?