Benteng Tolukko, Tempat Peninggalan Portugis di Kota Ternate

423 views
0

WartaWisata.ID Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Nama “Tolukko” ini digunakan sejak salah satu Sultan Ternate yang bernama Kaicil Tolukko memerintah sekitar tahun 1692. Sumber lainnya menyebutkan bahwa nama Tolukko merupakan modifikasi penyebutan nama asli benteng ini yaitu, Benteng Santo Lucas.

Bentuk benteng ini unik, tidak simetris karena mengikuti kontur bukit yang ada. Bentuknya cenderung membulat dengan dua bastion di depan dan sebuah lorong sepanjang kurang lebih 20 meter ke belakang di antara kedua bastion. Benteng ini berdiri diatas bukit batuan beku terletak di ketinggian 620 mdpl, letaknya agak menjorok kelaut. Jika berdiri di bagian belakang benteng, Anda bisa dengan mudah melihat kapal-kapal lalu-lalang. Bila menghadap ke arah depan benteng, Anda dapat melihat kemegahan Gunung Gamalama. Benteng yang kokoh berdiri ratusan tahun ini masih terawat dengan cukup baik. Di sekitar benteng dibangun taman yang membuat benteng ini terlihat lebih cantik.

Jangan lupa pastikan anda mampir kesini untuk menapaktilasi perjalanan sejarah penjajahan Portugis dan Belanda saat berada di Kota Ternate.

Komentar kamu?