Makam Juang Mandor, Tourist Spot di Kalimantan Barat yang Bersejarah

1,131 views
0

WartaWisata.ID Banyak turis akan berlalu begitu saja saat melihat gapura Makam Juang Mandor di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Padahal, ini adalah kuburan massal yang menyimpan kisah kekejaman tentara Jepang di Indonesia. Makam Juang merupakan Saksi dari rentetan Tragedi Mandor berdarah yang mewakili serangkaian peristiwa keji dan tak manusiawi yang pernah di lakukan oleh pasukan jepang selama menjajah Indonesia terhadap seluruh rakyat tanpa terkecuali, khususnya Kalimantan Barat.Makam ini dahulu digunakan sebagai tempat pembantaian ± 21.037 orang oleh tentara Jepang pada tahun 1943 hingga 1944. Peristiwa pembantaian ini kemudian dikenal dengan istilah Tragedi Mandor Berdarah atau Peristiwa Mandor.

Makam Juang Mandor berlokasi di Dusun Mandor, Desa Mandor, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Terletak 88 kilometer dari Kota Pontianak dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Menjelang Anjungan hingga Mandor kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan yang hijau dan rimbun serta persawahan. Setelah menempuh perjalanan kira-kira 3 jam (sekitar 100 KM) kamu akan tiba di Mandor. Saat kamu memasuki mandor, akan ada langsung bertemu Gapura Makam Juang.

Jika dibandingkan dengan “wisata makam” yang ada di luar negeri, Mandor tidak kalah indah dan menarik, tetapi sayang promosi kurang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah daerah.

Komentar kamu?