Bundaran Alianyang Kubu Raya, Pesan Perjuangan Kalimantan Barat

2,713 views
0

WartaWisata.ID Bundaran Tugu Alianyang terletak di Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sui Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Bundaran berupa taman yang di tengah-tengahnya berdiri kokoh patung satu diantara pejuang kemerdekaan RI di Kalimantan Barat. Monumen Pejuang Putra Kalimantan Barat Mohammad Alianyang diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat yang saat itu dijabat Jenderal TNI George Toisutta pada 3 November 2010. Di sekeliling patung tersebut terdapat catatan-catatan ringkas di atas batu tulis tentang riwayat hidup Mayor (Purn) Mohammad Alianyang yang lahir di Sintang 20 Oktober 1920.

Bagi kamu yang lagi bepergian di jalur ini, jangan lupa menyempatkan diri untuk singgah walau hanya sebentar. Nah, di tugu ini, kamu bakal dapat gambaran sekilas pejuang Kalbar, Mohammad Ali Anyang. Mulai dari riwayat hidup, hingga perjuangan yang ia lakukan. Selain itu, ada juga replika perjuangan di beberapa wilayah di Kalbar. Seperti Sambas, Melawi, Pontianak dan Bengkayang. Tak hanya itu. Kamu juga bisa melihat daftar nama pahlawan yang pernah diasingkan Belanda ke Digul. Tugu ini juga punya taman yang menyejukkan pandangan. Untuk sampai ke sini, kamu bisa melalui jalur jalan raya Ambawang, sekitar setengah jam dari Kota Pontianak. Atau lewat jalur trans Kalimantan.

Mumpung lagi weekend, ajak serta temanmu ya.

Komentar kamu?