Pulau Sebatik, Beranda Negeri yang terus Bersolek

827 views
0

WartaWisata.ID Pulau Sebatik adalah sebuah pulau di sebelah timur laut Kalimantan. Pulau ini secara administratif yang merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Pulau Sebatik merupakan Pulau Terdepan dan Pulau Terluar di Indonesia.

Pulau Sebatik merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. Pulau Sebatik termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Sebatik, yaitu kecamatan paling timur di kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Kecamatan Sebatik terdiri dari empat desa, yaitu Tanjung Karang, Pancang, Sungai Nyamuk Tanjung Aru dan Setabu. Pulau ini secara umum beriklim panas dengan suhu udara rata-rata 27,8 °C, suhu terendah 22,9 °C pada bulan agustus dan tertinggi 33,0 °C pada bulan April. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar yang menjadi prioritas utama pembangunan karena perbatasan langsung dengan negara tetangga. Program utama yang perlu dilakukan di Pulau Sebatik antara lain adalah pembangunan sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata serta peningkatan hukum dan pengawasan keamanan.

Melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemkab Nunukan Memajukan Desa Sungai Limau bisa menjadi desa wisata karena luas lahan kakao masih cukup luas. Apalagi desa yang berada di ketinggian bukit tersebut juga menawarkan pemandangan daratan Wallace Bay atau Sebatiknya Malaysia yang cukup indah. Termasuk pengembangan Wisata Bahari dengan Pemerintah Pusat Terkait.

Komentar kamu?