Air Terjun Tancak Kembar, Tempat Permandian Dewi Rengganis Yang Konon membuat Awet Muda

488 views
0

WartaWisata.ID Air terjun ini berada di lereng pegunungan Argopuro, dengan ketinggian 77 Meter. Dengan suasana yang hijau dan di penuhi oleh hutan lindung pada ketinggian 900 M dari permukaan laut, membuat sir terjun Tancak Kembar sangat menawan untuk dikunjungi.

Selain air terjun, di sekitar lokasi wisata ini juga terdapat pusat penelitian kopi arabika dan kakao dengan luas 180 Hektar. Air terjun ini terletak di desa Andongsari, kecamatan Pakem, 25 Km arah barat kota Bondowoso. Selain menjadi obyek wisata, air terjun ini juga di fungsikan sebagai sarana irigasi bagi kepentingan masyarakat sekitar.

Bagi masyarakat Bondowoso, nama Air Terjun Tancak Kembar sudah tak asing lagi. Air terjun ini konon memiliki kekuatan mistis untuk membuat awet muda, karena konon Dewi Rengganis dahulu mandi di sini.

Air terjun yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota ini berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl. Wisata alam Air Terjun Tancak Kembar merupakan lokasi wisata alami. Sebab, untuk menuju lokasi yang secara administratif berada di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem, ini memerlukan perjuangan ekstra.

Hal itu karena untuk mencapai lokasi hanya berupa jalan makadam. Bahkan, kondisi jalan itu akan semakin parah karena licin ketika musim penghujan. Sehingga, untuk menuju ke lokasi air terjun hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki selama sekitar satu jam dari desa terakhir.

Komentar kamu?