Rumah Pengasingan Bung Karno, Wisata Sejarah Berseminya Cinta sang Proklamator

736 views
0

WartaWisata.ID Lokasi Rumah Pengasingan Bung Karno terletak di Jalan Jeruk yang sekarang berganti nama menjadi Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Di rumah ini tersimpan benda-benda peninggalan Bung Karno yang memiliki nilai sejarah termasuk saat Beliau menyusun strategi-strategi perjuangan selama di pengasingan. Pembagian ruangan dan penataan koleksi benda bersejarah di rumah ini rapi dan teratur.

Rumah yang pada mulanya merupakan milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi Pemerintah Belanda, lalu disewa oleh Belanda sebagai tempat Bung Karno selama diasingkan. Nah, Di tempat ini Bung Karno tinggal dari tahun 1938 sampai dengan 1942.

Rumah pengasingan ini berukuran asli adalah 162 m² dengan bangunan 9 x 18 m. Bentuk bangunannya empat persegi panjang tidak berkaki dan dindingnya polos. Memiliki halaman yang cukup luas dengan atap berbentuk limas. Pintu utamanya berdaun ganda berbentuk persegi panjang dengan jendela persegi panjang berhias kisi-kisi. Belum diketahui kapan rumah ini pertama kali didirikan, namun diperkirakan dibangun awal abad ke-20.

Di tempat ini juga Soekarno bertemu dengan Ibu Fatmawati yang kelak menjadi istrinya dan merupakan orang yang menjahit bendera merah putih di saat proklamasi 17 Agustus 1945. Walaupun berada di pengasingan, Soekarno tidak pernah berhenti menyusun berbagai strategi perjuangan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Tempat wisata ini juga menyimpan bermacam benda bersejarah, diantaranya adalah sepeda ontel kesayangan Bung Karno, surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati, sampai dengan koleksi buku serta barang peninggalan Soekarno lainnya.

Saat ini bangunan lamanya masih dipertahankan seperti awalnya hanya saja pada 2006 Pemprov Bengkulu menambahkan bangunan bernama Persada Bung Karno yang berfungsi sebagai museum, perpustakaan, ruang pertemuan, dan gedung pertunjukan.

Komentar kamu?