Puncak Dipowono, Spot Mengabadikan Sunrise Kulon Progo

1,011 views
0

WartaWisata.ID – Puncak Dipowono, Sebuah wisata alam berbasis pegunungan yang baru beberapa saat lalu di resmikan oleh Bupati Kulon Progo.

Canting Mas “Puncak Dipowono” merupakan wisata alam yang tergabung dalam Kawasan Wisata Terpadu Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Kulon Progo dan dikelola oleh beberapa kelompok Hkm yang ada di wilayah tersebut. Secara keseluruhan, terdapat 7 kelompok Hutan Kemasyarakatan (Hkm) yang ada di Kabupaten Kulon Progo dan salah satunya adalah Hkm Sido Akur yang turut mengelola obyek wisata Canting Mas “Puncak Dipowono” ini.

Puncak dipowono berada di sebuah dusun diatas perbukitan menoreh yaitu dusun clapar 2, termasuk dalam wilayah desa hargowilis, kecamatan kokap, kabupaten kulonprogo, yogyakarta. Puncak dipowono sendiri berada di ketinggian kurang lebih 700 mdpl, dengan titik koordinat -7.799574, 110.127980.

Secara umum jalan menuju ke puncak dipowono sudah beraspal, hanya saja ketika hampir sampai di tempat wisata jalan masih tanah dan jalan tersebut memang sebuah jalan baru yang di buat oleh warga sekitar. Tersedia sarana dan prasarana yang memadai, seperti toilet dan mushola ataupun tempat istirahat.

Dengan latar belakang pemandangan waduk sermo, sekilas bukit canting mas puncak dipowono memang mirip dengan wisat alam kalibiru, hanya saja lokasinya lebih tinggi dibandingkan kalibiru. Bagi penggemar Photografi alam. Puncak dipowono adalah spot bagus untuk mengabadikan sunrise, karena dari puncak dipowono , jika menghadap ke arah timur maka akan terlihat kota wates, bantul dan jogja.

Foto via resepkuetartselly.blogspot.com

Komentar kamu?