Sponge Coral Menyerupai Lukisan Salvador Dali di Gorontalo

380 views
0

WartaWisata.ID – Keindahan alam yang dimiliki Provinsi Gorontalo tersebar di sepanjang Teluk Tomini, salah satunya Sebuah pantai di pesisir selatan yang masih berada di Teluk Tomini hadikan primadona wisata daerah ini. Namun yang diunggulkan bukanlah pantainya, melainkan kekayaan biota laut yang terdapat di bawah perairan sekitar pantai tersebut.

Wisata ini diberi nama Taman Laut Olele, berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Cukup memerlukan waktu sekitar tiga puluh menit hingga empat puluh lima menit untuk sampai di taman laut ini. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo.

Terdapat banyak spot penyelaman dengan karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Spot tersebut adalah Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive, namun yang menjadi favorit para penyelam adalah Jinn Cave, Di taman laut ini terdapat sponge coral endemik yang tidak dapat ditemukan di perairan manapun. Keberadaannya dicari-cari para penyelam mancanegara. Keunikannya terdapat pada motif koral yang menyerupai lukisan salah satu seniman dari Spanyol yang bernama Salvador Dali. Lukisan tersebut bernama L’enigma del Desiderio. Oleh karena itu sponge coral ini (Petrosia Lignosa) dikenal dengan sebutan Salvador Dali.

Foto via : blog.brotrip.co

Lestari dan kayanya biota laut yang ada di perairan ini, menjadikan Taman Laut Olele seperti sebuah surga tersembunyi yang belum begitu terjamah.

Komentar kamu?