Design Kostum Patrion Kalimantan

726 views
0

PATRION – Kalimantan memiliki keanggunan adat istidatnya yang menjadi warisan leluhur sejak lama. Setiap suku yang tersebar di pulau Kalimantan memiliki adat, tradisi dan bahasa berbeda. Meski demikian kerukunan tetap terjalin dan saling menghargai. Penduduk di tanah Kalimantan memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjaga alam, terutama pada habitat flora yang menjadi tempat tinggal mereka. Mustika Patrion Kalimantan yang telah lama berada di pulau Kalimantan menyerap semua unsur energy yang berada di dalamnya. Setiap motif yang ada seluruhnya berasal dari alam dengan penghayatan dan penghargan tiggi kepada alam.

Warna identitas Ungu dalam kostum patrion menyimbolkan perpaduan yang menyatu dari berbagai unsur perbedaan yang ada dalam tanah Kalimantan. Warna ini memiliki tingkat tertinggi bagi leluhur yang mencerminkan kemuliaan serta kesabaran akan sebuah proses panjang yang sudah dilalui.

Motif perpaduan dayak dengan suku lainnya  yang besatu dalam sebuah symbol tertera pada salah satu bagian kostum patrion Kalimantan, juga sebagai rajah untuk menangkal kekuatan jahat dan bisa menyembuhkan.  Selendang yang menyulur di tengah pinggang menjadi salah satu unsur yang diserap oleh patrion Kalimantan dan dipergunakan sebagai bentuk penghormatan terhadap alam.

Komentar kamu?