Sirup Kawista “Coca Cola Jawa” Oleh-Oleh Unik dari Rembang

919 views
0

WartaWisata.ID – Satu oleh-oleh khas yang bisa Anda dapatkan bila melewati Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, adalah sirup kawista. Sirup kawistata Cap Dewa Burung.

Minuman yang terbuat dari bahan buah Kawista, Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya.

Kawista relatif tahan kondisi buruk (kering atau tanah salin) dan tahan penyakit. Asalnya adalah dari India selatan hingga ke Asia Tenggara terutama Jawa dan Nusa Tenggara. Di Aceh, buah ini dikenal dengan nama buah batok, dan dimanfaatkan sebagai bahan campuran bumbu rujak Aceh dan sirup.

buah Kawista (Limonia acidissima syn. Feronia limonia) adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae)

Di Kabupaten Rembang, buah kawista diolah menjadi sirup yang dikenal dengan nama setempat sebagai sirup kawis atau diistilahkan sebagai “Coca-Cola Jawa”. Kawis adalah nama buah ini dalam bahasa Jawa. Sirup ini sendiri diolah bersama gula dan air. Proses pengolahannya mulai dari direbus, diendapkan, hingga disajikan. Merek minuman kawista Rembang yaitu Sirup kawistata Cap Dewa Burung. Merek tersebut juga sekaligus nama produsen, Jika meminum sirup ini, rasanya tergolong unik, segar dan legit serta aromanya cukup menyengat.

Terdapat dua macam kemasan, Kemasan botol kaca dijual sekitar Rp 25.000 per botol. Sementara kemasan botol plastik yang biasanya dikemas dalam tas kecil berisi dua botol harganya sekitar Rp 51.000. Sementara untuk kemasan siap minum seharga mulai dari Rp 6.000. Untuk kemasan botol dan kaca ini adalah berbentuk sirup kental. Sirup kawista ini cocok diminum pada siang hari. Lebih segar lagi jika disajikan bersama es.

Tertarik menyeruput sirup kawista?

Komentar kamu?