Pulau Kakaban “Memeluk Danau” Peninggalan Prasejarah Yang Langka di Dunia

396 views
0

WartaWisata.ID – Salah satu obyek wisata yang paling top banget di Provinsi Kalimantan Timur adalah Pulau Kakaban, yang letaknya ada di tengah-tengah gugus kepulauan atau terpisah dengan ‘induk’ Pulau Kalimantan. Pulau Kakaban dikelilingi oleh pulau-pulau lainnya, seperti Derawan, Samama, Sangalaki, Maratua dan Sambit. Pulau Kakaban punya danau yang namanya, Danau Kakaban.

Danau Kakaban ini terbentuk karena adanya air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban bercampur dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun yang lalu. Karena adanya perubahan dan evolusi yang cukup lama di danau ini, menyebabkan air di danau ini menjadi payau.

Di dunia, tempat seperti ini hanya dijumpai di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik. Dengan demikian Pulau Kakaban merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai danau di tengahnya. ini termasuk danau prasejarah, yaitu zaman peralihan Holosin. Pulau Kakaban memiliki arti sebuah pulau yang memeluk danau.

Danau unik ini memiliki empat jenis ubur-ubur, salah satunya adalah ubur-ubur jenis Cassiopea. Cerita simbiosis ini sangat menarik. Ubur-ubur Pulau Kakaban, menempatkan algae pada bagian kakinya, karena ganggang berkepentingan untuk mendapatkan matahari sebagai sarana melakukan fotosistesa, sang ubur-ubur akhirnya berjalan terbalik, dengan kaki ke atas dan kepala ke bawah. Cara berjalan yang unik inilah yang menarik para ilmuwan dan penyelam untuk mengetahui evolusi terhadap fauna laut yang akhirnya berperilaku aneh demi mempertahankan hidup mereka. Catatan para penyelam juga memberikan gambaran, hewan-hewan yang ada di danau ini mempunyai cahaya lebih berwarna warni ketika hari semakin gelap. Diduga, pada danau ini banyak akan dijumpai jenis-jenis baru.

Di danau Kakaban wisatawan dapat bermain dengan Ubur-ubur yang tidak menyengat, diperkirakan ribuan tahun yang lalu Ubur-ubur yang ada didanau ini terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis, dimana hampir tidak ada hewan lain yang mampu melakukannya. Foto via : sepinggan-airport.com

Selain itu di pinggiran pantainya juga tumbuh hutan bakau, yang dihuni oleh banyak jenis kepiting, teripang, dan ular laut. Banyak sekali jenis-jenis hewan yang belum diidentifikasi di kawasan ini. Dr. Thomas Tomascik, seorang ahli kelautan berkebangsaan Kanada, mengatakan Pulau Kakaban merupakan surga kekayaan biologi yang ada di Indonesia. Misteri bagaimana hewan dan tumbuhan yang terisolasi dalam danau ini merupakan salah satu objek yang sangat diminati oleh ilmuwan untuk diungkap. Karena itu laut ini memang pantas menjadi objek konsevasi alam yang harusnya dilindungi dan dilestarikan.

Saat ini, Danau Kakaban yang terletak di Kepulauan Derawan mulai dijadikan destinasi andalan yang mampu mengungguli Raja Ampat di Papua.

Foto Utama via : borneotourgigant.com

Komentar kamu?