Kebun Binatang Ragunan, Solusi Melihat Berbagai Macam Binatang Tanpa Harus Ke Hutan Rimba

986 views
0

WartaWisata.ID – Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak 19 September 2005 karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung, namun dibuka kembali pada 11 Oktober 2005.

Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang.” Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Banyak cara untuk mencapai Kebun Binatang Ragunan. Bisa membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Namun, meningkatnya jumlah pengunjung pada saat hari libur nasional atau akhir pekan akan membuat sulit mendapatkan tempat parkir. Untuk menyiasati hal ini, bisa naik Transjakarta.

Dengan kompleks seluas 13 hektar, primata dari Indonesia yang hidup disini diantaranya orangutan, gorilla, simpanse, dan berbagai jenis primata langka baik dari dalam negeri dan luar negeri. Habitat primata disini dibuat seolah-olah berada di habitat aslinya.

Pusat Primata Schmutzer berperan dalam konservasi primata Indonesia, sekaligus menjadi jendela informasi primata. Banyak yang tidak tahu, Taman Margasatwa Ragunan memiliki areal khusus untuk kegiatan refleksi berupa tanaman dan batu-batu.

Area Taman Satwa Anak diperuntukkan bagi anak-anak dengan menampilkan berbagai satwa yang tentu disukasi oleh anak-anak, seperti ikan raksasa arampaima gigas, memiliki berat 100 kg, berat sekali, apakah sahabat traveler kuat mengangkatnya?

Ada juga burung kakaktua yang pandai berbicara dan ular condrophyton berwarna-warni pada tubuhnya, Ada satu lagi yang bakal disukai oleh anak-anak, yaitu Aquarium Arapaima. Anak-anak dapat melihat ikan raksasa dari Amazon. selain itu dilengkapi juga Sarana rekreasi diantaranya gajah tunggang, onta tunggang, kereta keliling, peyewaan sepeda, taman perahu angsa, pentas satwa, kuda bendi, kuda tunggang.

Tidak perlu masuk hutan belantara yang liar agar dapat melihat berbagai binatang, cukup Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan Jakarta, lebih aman khan?

Komentar kamu?