Geleri Nasional, Khasanah Karya Seniman Kebanggan Indonesia

356 views
0

WartaWisata.ID – Galeri Nasional Indonesia (bahasa Inggris: National Gallery of Indonesia) adalah sebuah lembaga budaya negara yang gedungnya antara lain berfungsi sebagai tempat pameran, dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara. Gedung ini merupakan institusi milik pemerintah di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kewajiban utama Galeri Nasional adalah melasanakan pengkajian, pengumpulan, registrasi, perawatan, pengamanan, pameran, kemitraan, layanan edukasi dan publikasi karya seni rupa. Lalu fungsi utamanya adalah melindungi, pengembangan, dan pemanfaatan asset kesenian (seni rupa) sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan. Galeri Nasional beralamat di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat.

Gedung Galeri Nasional rupanya sudah ada sejak ratusan tahun lalu ketika Indonesia masih dijajah Belanda. Dahulu, gedung tersebut dikelola oleh Belanda sebagai asrama khusus wanita. Setelah Indonesia medeka, gedung tersebut diambil alih oleh pemerintah Indonesia, tepatnya kepada Yayasan Raden Saleh. Sampai pada akhirnya, pada tanggal 8 Mei 1999, bangunan yang semula dikuasai Belanda ini menjadi museum Galeri Nasional sampai saat ini.

Meskipun nampak kuno dan tua, justru disitu-lah nilai yang paling utama di Galeri Nasional. Museum ini terdiri dari tiga gedung yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Tiap gedung berisi pameran yang menampilkan karya-seni yang antik dan autentik. Ketiga gedung tersebut dikhususkan untuk memajang karya seni rupa modern dan kontemporer.

Lukisan, patung, kria, grafis, fotografi, instalasi, seni media baru berbagai gaya, bisa kamu nikmati keindahannya. Sampai saat ini sih kira-kira ada 1.700 koleksi hasil karya seniman kebanggan Indonesia di Galnas. Nama-nama besar seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Affandi S. Sudjojono adalah sedikit dari deretan seniman yang karyanya dipajang di Galnas. Selain itu, banyak juga seniman mancanegara.

Ada tiga jenis pameran yang biasa diselenggarakan di Galnas: Pameran Tetap, Pameran Temporer, dan Pameran Keliling. Dengan adanya Galeri Nasional Indonesia ini, karya seniman tak hanya dapat dinikmati, namun juga dilstestarikan. Selain ruang pameran, di museum ini juga terdapat ruang seminar, perpusatakaan, dan laboratorium.

Pengunjung museum pun nggak dipungut biaya tiket masuk, alias gratis. Buat kamu yang penasaran, langsung datang saja ke Museum Galeri Nasional di jalan Medan Merdeka Timur no. 14, Jakarta Pusat (depan Stasiun Gambir). Museum Galeri Nasional buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Komentar kamu?