Koteka, sovenir khas dari Papua

2,782 views
0

WartaWisata.ID – Koteka, Salah satu hal yang pasti terlintas di benak kita, jika mendengar nama Papua adalah Koteka. Koteka adalah pakaian adat dari suku Dani untuk kaum pria. Saat ini, Koteka sudah dijadikan sovenir khas dari Papua.

Umumnya, Koteka ini terbuat dari buah labu berbentuk lonjong, dimana isinya dibuang, kemudian dipanaskan di atas api agar mengeras. Setelah itu, buah labu tersebut diikat dengan seutas tali kecil yang dihubungkan (dikaitkan) di punggung pria.

Perlu diketahui, pakaian adat khas dari suku Dani ini hanya menutupi bagian alat kelamin pria yang memakainnya saja. Lantas, mengapa para lelaki dari suku Dani di Wamena ini memakai pakaian seperti Koteka ini?

Hal ini tentunya tidak lepas dari daerah yang mereka diami yaitu kawasan Wamena yang berbukit-bukit, dimana sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan yang sangat lebat. Dengan mengunakan Koteka, para pria disana akan leluasa bergerak di hutan.

Seiring zaman, koteka jarang digunakan untuk aktifitas sehari-hari. Kala itu, koteka dilarang dikenakan terutama saat berada di kendaraan umum dan sekolah. Sebagai gantinya koteka diperjualbelikan sebagai oleh-oleh saja, atau dikenakan saat acara-acara adat atau festival saja.

Komentar kamu?