“Senja di Kaimana”, Lokomotif Wisata Kabupaten Kaimana, Papua Barat

345 views
0

WartaWisata.ID – Masih ingat lagu nostalgia “Senja di Kaimana” yang dinyanyikan apik oleh salah satu penyanyi legendaris Indonesia, Alfian bukan?, lagu tersebutlah yang menjadi penarik wisatawan ke Kaimana, Kaimana adalah sebuah distrik yang juga merupakan ibukota kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Kabupaten Kaimana adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Kaimana. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 18.500 km² dan berpenduduk sebanyak 67.291 jiwa (2015).

Kaimana terletak di bagian ”leher burung” Pulau Papua. Lokasinya yang berada di sisi barat menghadap Laut Arafuru menyajikan pemandangan senja laut nan elok. Senja Kaimana bisa dinikmati di hampir sepanjang jalan utama kota yang bersisian dengan pantai.

Secara administratif Kabupaten Kaimana pada tahun 2009 terdiri dari 7 (tujuh) Kecamatan dengan jumlah kampung sebanyak 84 kampung dan kelurahan sebanyak 2 kelurahan. Seluruh kampung yang ada di Kabupaten Kaimana merupakan daerah pedesaan, kampung dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kaimana telah definitif.

Tentunya tak hanya senja yang menjadi pesona Kaimana, Potensi pariwisata di Kaimana tergolong sangat baik dan layak dipromosikan. Obyek wisata yang dimaksud antara lain : Pulau Venu, Pulau Kilimala, Pulau Karawatu, Tanjung Kinara, Pulau Adi, Teluk Triton, Tanjung Bicari, Pantai Bantemi, Air Terjun Kiti-kiti, Air Terjun Karawawi, Air Terjun Werifi.

Selain itu, terdapat berbagai macam makanan tradisional, Selain papeda, di Kaimana juga ada Kima, sejenis kerang laut yang dimakan segar-segar alias mentah dengan kucuran eruk nipis sehingga rasanya mirip shashimi. Ada juga sate dan gulai rusa, bakso ikan tenggiri, kue lontar, ada juga minuman teh halia atau teh jahe.

(foto: cdn.idntimes.com)

Komentar kamu?