Pantai Sawarna, Yang Ditenarkan oleh Jean Louis Van Gogh

2,350 views
0

WartaWisata.ID – Pantai Sawarna Banten, nama tempat ini sudah sering direkomendasikan sebagai tempat wisata pantai yang perlu di kunjungi.

Pantai indah nan bersih di wilayah Kabupaten Lebak ini cukup populer jadi salah satu pantai primadona di Banten. Biru airnya juga pemandangan alam yang indah di sekelilingnya menjadi magnet tersendiri para pelancong dari berbagai kota.

Pantai eksotis ini diam – diam juga telah menjadi pelarian warga Jabodetabek dan Bandung sekitarnya untuk melepas stress di akhir pekan, apalagi jaraknya tidak terlalu jauh untuk orang Jabodetabek dan Bandung.

Uniknya, Pantai Sawarna Banten terdiri dari tujuh pantai dan 1 goa yang ada di wilayah Desa Sawarna. Sedangkan yang disebut Pantai Sawarna sendiri adalah kawasan dari pesisir pantai yang menghampar dari Pantai Pulo Manuk hingga Pantai Karang Taraje.

Sejarah keberadaan Desa Sawarna tidak terlepas dari sepupu Pelukis Legendaris Dunia, Vincent Van Gogh, yang bernama Jean Louis Van Gogh. Pada mulanya ia membuka perkebunan kelapa seluas 54 hektare di pinggir Pantai Tanjung Layar dan Pantai Ciantir.

Jean Louis van Gogh yang mempekerjakan penduduk pribumi setempat membuat adanya perbedaan logat dan dialek dalam percakapan sehari – hari yang dalam bahasa Sunda disebut “Sorana” yang artinya “suaranya”. Sehingga nama desa tersebut di kemudian hari disebut Sawarna yang berasal dari kata Sorana.

Pendapat lain mengatakan, bahwa nama Sawarna diambil dari nama tetua atau kepala desa pertama di wilayah itu, bernama Swarna. Ada juga pendapat tentang asal usul nama Sawarna diambil dari bahasa Sunda, yaitu “Swarna” yang artinya “Satu Warna” untuk menegaskan bahwa penduduk yang tinggal di lokasi tersebut adalah satu warna, yaitu masyarakat Sunda.

Seiring dengan berjalannya waktu, Desa Sawarna yang awalnya merupakan area perkebunan pelan – pelan dikenal sebagai Desa Wisata. Hal ini ditandai dengan banyaknya Homestay atau penginapan yang disewakan bagi para wisatawan.

Komentar kamu?