Air Terjun di Tengah Lereng Dobonsolo, Layaknya Mata Raksasa Cylop yang Melotot

1,320 views
0

WartaWisata.ID – Air terjun Gunung Cyclop terdapat di kaki-kaki Gunung Cyclop. Nama lain Gunung Cyclop ini adalah Gunung Dobonsolo, namun masyarakat sekitar lebih akrab dengan menyebutnya Gunung Cyclop.

Nama Cyclop sendiri merupakan julukan yang diberikan oleh orang-orang Portugis ketika datang ke Kampung Ormu yang berada di sebelah utara Pegunungan Cyclop. Diberi nama demikian karena pada saat itu, ada sebuah air terjun besar di tengah-tengah lereng pegunungan sehingga membentuk seperti mata yang melotot layaknya Raksasa Cyclop yang bermata satu dalam cerita Yunani kuno.

Gunung Cyclop ini terletak di Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua, Berjarak kira kira 25 kilometer dari kota Jayapura ke arah bandara Sentani. Bisa ditempuh dari kota Sentani bersama berkendara roda dua atau empat ke arah lokasi pengelolaan PDAM yg berjarak sekitrar 3-4 kilo meter. Sesudah menitipkan kendraan di hunian masyarakat, perjalanan dilanjutkan dgn berlangsung kaki kurang lebih 2 kilometer menyusuri jalan setapak sampai tiba dilokasi. Keadaan jalan setapak ini lumayan terjal.

Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Cyclop Sentani Jayapura sangat ramai. Jadi, untuk lebih menikmasti indahnya pemandangan dan panorama sekitar Air Terjun Cylop, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

Komentar kamu?