Gunung Tambora, Si Mulut Besar Yang Pernah Mengubur Situs Sejarah

133 views
0

WartaWisata.ID – Selain Gunung Rinjani yang terdapat di Lombok, ada satu lagi wisata gunung yang cukup terkenal di Nusa Tenggara Barat yaitu Gunung Tambora (atau Tomboro) adalah sebuah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa. Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu (sebagian kaki sisi selatan sampai barat laut, dan Kabupaten Bima, tepatnya pada 8°15′ LS dan 118° BT. Gunung ini terletak baik di sisi utara dan selatan kerak oseanik. Tambora terbentuk oleh zona subduksi di bawahnya. Hal ini meningkatkan ketinggian Tambora sampai 4.300 Meter.

Gunung yang satu ini bahkan dijuluki sebagai The Greatest Creater in indonesia atau kawah terbesar di Indonesia. Hal ini didasarkan pada kenyataan yang dapat kita lihat langsung. Bagaimana tidak terbesar, kawah di Gunung Tambora ini memiliki diameter 7 km dan kedalaman 800 m. Yang membuat gunung ini pernah menjadi salah satu puncak tertinggi di Nusantara dan mengeringkan dapur magma besar di dalam gunung ini. Perlu waktu seabad untuk mengisi kembali dapur magma tersebut.

Kawah tersebut di bentuk oleh sebuah letusan gunung api purba terbesar dalam sejarah dunia. Sampai saat ini Gunung Tambora masih dijadikan sebagai salah satu tempat arkeologis. Hal ini dikarenakan ada sebuah teori yang menyatakan bahwa letusan gunung tambora ini sendiri telah ikut mengubur beberapa situs sejarah yang berupa desa-desa di sekitar gunung Tambora pada waktu ini. Hal ini dibuktikan dengan penemuan beberapa bukti sejarah yang bisa dipertanggung jawabkan.

Selain itu pemerintah daerah dan provinsi juga sangat perhatian terhadap tindakan pariwisata yang ada di Gunung Tambora ini. Seperti beberapa tahun lalu diadakan sebuah festival gunung Tambora, kemudian tour de Tambora, dan beberapa kegiatan lain untuk menikmati keindahan Gunung Tambora yang memang mulai diperkenalkan keindahannya.

Foto via : Wikipedia

Komentar kamu?