Bebali, Tarian Sakral dan Pertunjukan

2,432 views
0

WartaWisata.ID – Jenis Tari Bebali merupakan jenis tarian semi sakral, sehingga dapat berfungsi sebagai tari sakral dalam upacara tertentu dan bisa juga sekaligus sebagai tari hiburan.

Di areal pura, tari ini biasanya dipentaskan pada halaman tengah (madya mandala). Tarian ini biasanya mengisahkan suatu lakon kisah yang terkait dengan upacara yadnya tersebut.

Yang termasuk tarian Bebali adalah:

1. Tari Topeng adalah tari yang menggunakan topeng sebagai penggambaran dari sebuah karakter/tokoh.

Tarian ini ada sejak abad ke-17. Tari topeng populer di Bali dan Jawa, tapi juga ditemukan di pulau Madura. Foto via : gambarindonesia.com

Tari topeng Bali beraneka ragam, masing – masing daerah mempunyai nama dan keunikannya tersendiri. Ada tari topeng Sanghyang, topeng Sidakarya, Topeng Panca, Tari Topeng Pajegan, dan lainnya.

2. Gambuh adalah seni dramatari tertua Bali yang dianggap paling tinggi mutunya.

Dua seniman membawakan Tari Gambuh. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc/15.

Tari Gambuh merupakan Drama tari Klasik Bali yang paling kaya dengan gerakan tari dan dianggap sebagai sumber segala jenis tari klasik Bali, Gambuh berbentuk total theater dimana didalamnya terdapat unsur seni tari ( yang paling dominant ), seni suara, seni sastra, seni drama dan unsur lainnya . Di Bali, Gambuh diduga timbul sekitar abad ke 15 yang lakonnya bersumber pada ceritra Panji.

Jenis Tari Balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung, dibahas pada pembahasan lain.

Gambar Unggulan via : balibalik.over-blog.com

Komentar kamu?