Danau Toba Minta “Perhatian”

222 views
0

WartaWisata.ID – Danau Toba merupakan menjadi destinasi wisata terpopuler di Sumatera Utara, Danau Toba adalah satu dari 10 “New Bali” yang telah dicanangkan pemerintah.

Sejak tahun 2016, Danau Toba dikelola badan khusus yakni Badan Otorita Pengelola Pariwisata Danau Toba yang berdasarkan Perpres No 49/2016. Terdapat tiga tugas pokok Badan yang berdiri sejak akhir tahun 2016 itu. Yakni Penyusunan Master Plan Pengembangan kawasan Danau Toba, Percepatan koordinasi master plan serta Pengelolaan kawasan Danau Toba yang seluas 500 hektare.

Kepopuleran dan Keindahan Danau Toba diwarnai dengan berbagai insiden kecelakaan yang terjadi di sana. Danau air tawar terbesar di Asia Tenggara itu tercatat beberapa kali pernah memakan korban. Tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun beberapa waktu yang lalu pun menambah panjang daftar kecelakaan yang terjadi di Danau Toba. Tragedi seperti ini semestinya tidak boleh terjadi lagi, jika pengelolaan kawasan Danau Toba telah berjalan dengan baik dan efektif. Setidaknya, keamanan para wisatawan merupakan yang utama, safety first.

Tragedi KM Sinar Bangun harus menjadi bahan koreksi dan perbaikan pengelolaan kawasan Danau Toba oleh Badan Otorita Pengelolaan Pariwisata Danau Toba, terutama Pengelola jasa transportasi di Danau Toba harus segera berbenah menggunakan sistem administrasi (tiketing) yang ketat dengan memanfaatkan teknologi dengan pendataan yang akurat.

Badan Otorita Pengelolaan Pariwisata Danau Toba harus melakukan evaluasi menyeluruh demi nama baik dan kesinambungan Danau Toba sebagai tujuan Wisata.

Komentar kamu?