Tari Wali, Seni Tari Pertunjukan Sakral Bali

857 views
0

WartaWisata.ID – Salah satu jenis tarian Bali adalah Tari WALI juga dikenal dengan nama tari sanghyang. Tarian ini hanya boleh dipentaskan tatkala ada sebuah upacara yadnya (ritual keagamaan) yang sedang berlangsung.

Jenis tarian ini ditujukan untuk melengkapi rangkaian suatu upacara keagamaan. Ada juga yang menganggap bahwa tarian ini dipentaskan untuk menghibur para leluhur atau para dewa-dewi kahyangan yang sedang turun ke bumi (mercapada).

Tarian sakral biasanya dipentaskan di dalam area pura (jeroan) dengan menggunakan berbagai perlengkapan dan pakaian tertentu, Ada juga tarian yang hanya boleh dipentaskan oleh gadis-gadis yang masih suci. Beberapa jenis tarian tradisional Bali yang tergolong tari sakral diantaranya:

1. Sang Hyang Dedari adalah tari yang memasukkan unsur-unsur kerasukan guna menghibur dewa-dewi, meminta berkat dan menolak bala.

Foto via : nyimaslaula.com

2. Sang Hyang Jaran yaitu tarian yang dimainkan oleh dua orang laki-laki sambil menunggang kuda-kudaan yang terbuat dari rotan dan atau kayu dengan ekor yang terbuat dari pucuk daun kelapa.

Foto via : waklaba.blogspot.com

3. Tari Rejang adalah tarian yang ditampilkan oleh wanita secara berkelompok di halaman pura pada saat berlangsungnya upacara. Tari rejang memiliki gerakan yang sederhana dan lemah gemulai.

Foto via : Youtube

4. Tari Baris merupakan jenis tarian pria, ditarikan dengan gerakan yang maskulin. Berasal dari kata bebaris yang bermakna prajurit, tarian ini dibawakan secara berkelompok, berisi 8 sampai 40 penari.

Foto via : balilemuh.blogspot.com

5. Tari Pendet merupakan tari penyambutan turunnya dewa-dewi dalam suatu upacara keagamaan yang dilaksanakan oleh warga Bali.

Foto via : face-lens.blogspot.com

Selain itu ada juga Jenis Tari Bebali atau seni tari pertunjukan untuk upacara dan juga untuk pengunjung, akan kita bahas pada sesi lainnya.

Foto Utama : I WAYAN GEDE SUPARTHA via : www.pfbbali.com

Komentar kamu?