“Oase” Kota Jakarta

Semua orang mengenal Jakarta pasti hanya sebagai Ibu Kota Indonesia, kota metropolitan, banyak gedung-gedung tinggi, dan kemacetan dimana-mana. Tetapi Jakarta masih punya tempat yang masih sangat terjaga keindahan alamnya suasana yang masih asri yakni Pulau Seribu yang letaknya di Utara Jakarta dan beradapan dengan teluk Jakarta.

791 views
0

WartaWisata.ID – Semua orang mengenal Jakarta pasti hanya sebagai Ibu Kota Indonesia, kota metropolitan, banyak gedung-gedung tinggi, dan kemacetan dimana-mana.

Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta. ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna/ss/pd/15

Kemacetan Jakarta

Tetapi Jakarta masih punya tempat yang masih sangat terjaga keindahan alamnya suasana yang masih asri yakni Pulau Seribu yang letaknya di Utara Jakarta dan beradapan dengan teluk Jakarta, Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau yang letaknya di Selat Sunda, Jakarta Utara, dan terdiri dari pulau yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni.

Kekayaan Flora dan Fauna

Sejak Pulau Seribu dijadikan tempat wisata Pemerintah dan warga setempat memanfaatkan keindahan daratan dan alam bawah lautnya dengan cara melestarikannya. Diantaranya yaitu pelestarian terumbu karang, penangkaran penyu, hutan mangrove, pohon kelapa, dan hutan bakau. Semua itu dilakukan untuk menarik minat para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu dan juga agar ekosistem yang ada di kepulauan seribu tetap tumbuh dan berkembang.

Pulau yang dikelilingi oleh terumbu karang dan luasnya pantai ini menjadikan Pulau Seribu kaya akan hewan-hewan yang hidup disana dari mulai hewan darat maupun hewan laut. Hewan darat yang hidup di Pulau Seribu antara lain elang bondol, biawak, burung pecuk ular, ular sanca dan masih banyak lagi. Hewan laut yang hidup di Pulau Seribu antara lain Penyu hijau, Penyu sisik, raja udang biru kecil, ikan badut dan masih banyak lagi biota laut yang hidup di Kepulauan Seribu.

Nama-Nama Pulau yang Unik

Nama berguna sebagai identitas dari pada pulau tersebut, semakin unik nama pulau tersebut maka semakin dikenal juga kepada para wisatawan. Nama bukan sekedar nama, setiap nama pasti ada sejarahnya tersendiri. Misalkan nama dari pada Pulau Tidung, sewaktu Belanda menjajah Indonesia Pulau tersebut dijadikan tempat pengasingan oleh orang yang melarikan diri dari Belanda dengan kata lain pulau itu menjadi tempat berlindung makanya pulau tersebut dinamakan “Pulau Tidung”. Ada juga beberapa nama pulau yang sangat unik diantaranya Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Pari, Pulau karang congkak, Pulau Kotok, Pulau Pelangi, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi.

Salah satu pemandangan pantai Pulau Tidung yang menakjubkan (Via benyaminlakitan.com)
Pemandangan Pulau Putri seperti ini? (Via pulauputritour.com)
Pemandangan Pantai pulau Pari yang yang menyegarkan mata (Via redytourpulauseribu.com)

Pulau Gosong, Pulau Mungil Nan Cantik

Luasnya tak lebih dari 100 meter berada dekat dengan Pulau Harapan. Uniknya jika saat air sedang pasang, pulau gosong tidak akan terlihat dan kalau air mulai surut barulah pulau gosong terlihat. Cukup banyak orang yang datang hanya untuk sekedar foto-foto.

Ada Monas di Pulau Seribu

Monas mini di Pulau Pulau Pramuka dibangun sebagai wujud kepedulian warga kepada terumbu karang yang ada di Kepulauan Seribu. Berada di kedalaman kurang lebih 5 meter dan memiliki tinggi 2,5 meter itu dikelilingi oleh 12 rak yang berisi 16 bibit terumbu karang. Monas beserta terumbu karang yang mengelilinginya itu disebut Jakarta Coral Garden.

Untuk informasi lengkap Kunjungi Website Kepulauan Seribu

Komentar kamu?