Air Terjun Madakaripura, Hadiah Khusus Untuk Gajahmada

Madakaripura, merupakan tanah perdikan yang diberikan raja Majapahit kala itu sebagai hadiah atas kerja keras sang Mahapatih dalam membela kerajaan dari ancaman musuh dan juga untuk menghargai tekad Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dengan sumpahnya yang terkenal dengan sebutan "Sumpah Palapa"

251 views
0

WartaWisata.ID – Air Terjun Madakaripura Secara administratif berlokasi didekat perbatasan Desa Sapih, Kecamatan Lumbang di Kabupaten Probolinggo dengan Desa Wonorejo, Kecamatan Lumbang di Kabupaten Pasuruan, namun mudah diakses dari Desa Sapih, Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di lereng Gunung Bromo.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Selain tertinggi di Pulau Jawa, air terjun Madakaripura dinobatkan sebagai air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura yang terletak di daerah Sumatera Utara.

Air Terjun Madakaripura dijadikan objek wisata dan dibuka pada tahun 1986. Dengan harga tiket masuk dikenakan oleh pihak Perhutani sebesar Rp. 6000/orang serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Probolinggo sebesar Rp. 5000/orang. Kemudian Anda akan ditawari memakai jasa guide lokal yang juga bisa membawakan tas carrier Anda bila diperlukan, perihal untuk biaya mereka tidak mematok harga, melainkan seikhlasnya dari para wisatawan. Memang demi alasan keamanan, di anjurkan untuk menggunakan jasa guide, mengingat jalur yang akan dilalui dan bahaya akan bebatuan atau batang pohon yang terkadang bisa saja jatuh dari atas lembah.

Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 Mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, merupakan tanah perdikan yang diberikan raja Majapahit kala itu sebagai hadiah atas kerja keras sang mahapatih dalam membela kerajaan dari ancaman musuh dan juga untuk menghargai tekad Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dengan sumpahnya yang terkenal dengan sebutan “Sumpah Palapa”.


Foto via : rentalmobilmalang.biz

Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Bagi wisatawan yang baru pertamakali mengunjungi tempat wisata ini mesti berhati-hati, karena lokasi ini dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertanggungjawab. Namun kini keadaannya sudah mulai kondusif. Banyak dari para warga yang berprofesi sebagai guide dan ojek yang mengenakan rompi khusus. Para warga sudah mulai tersadar akan pentingnya kenyamanan para wisatawan yang datang.


Foto via : tanahnusantara.com

Air Terjun Madakaripura memberikan pemandangan alam berupa air terjun yang amat cantik. Tempat wisata air terjun Madakaripura salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di kawasan taman nasional bromo tengger semeru. Ketika pertama kali Anda datang ke tempat ini, Anda akan dibuat terkagum-kagum setelah melihat air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah. Suasana tenang dihiasi suara air yang syahdu. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebing seperti layaknya hujan. Keindahan objek wisata ini memang tidak dapat dipungkiri, berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan natural. Hal ini akan Nampak ketika Anda berada dalam perjalanan menuju destinasi ini.

Komentar kamu?