Wingko Babat, Oleh-Oleh Populer dari Jawa Tengah

966 views
0

WartaWisata.ID – Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa Tengah. Makanan ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Di Jawa Tengah Wingko biasanya berbentuk bundar dan lunak semacam dodol namun ada campuran parutan kelapa. Wingko biasanya dijual dan disajikan dalam keadaan hangat dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula pasir dan kelapa menjadikan kue ini manis dan nikmat.

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titik persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya. Di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Ada banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang. Kelapa yang digunakan untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah sekitar tempat ini.

Saat ini wingko Pada perkembangannya tidak hanya tersedia rasa kelapa saja, namun juga ada berbagai pilihan rasa seperti;

1. Wingko Babat Rasa Kelapa, adalah rasa original dari wingko babat. Campuran rasa manis gula dan kelapa membuat kudapan satu ini cocok untuk teman minum teh.

2. Wingko Babat Rasa Durian, Tetap menggunakan bahan dasar kelapa, namun ada campuran rasa durian yang membuat wingko semakin nikmat, terutama buat penggemar durian.

3. Wingko Babat Rasa Nangka Paduan rasa pada wingko babat memang tidak bisa jauh dari buah yang rasanya manis, begitu juga nangka. Aromanya yang khas membuat wingko babat rasa buah nangka ini nikmat untuk cemilan.

4. Wingko Babat Rasa Cokelat Jika wingko yang lain berwarna cerah, wingko babat rasa cokelat ini yang paling berbeda karena berwarna kecoklatan. Rasa manis coklat sangat nikmat dipadukan dengan adonan kelapa pada wingko babat.

Komentar kamu?