Klappertart, Oleh-Oleh Wajib Dari Manado

621 views
0

WartaWisata.ID – Klapertaart adalah bagian dari oleh-oleh khas Manado yang enak dan wajib dibeli. Kue ini mempunyai rasa yang nikmat serta gurih. Bahan dasar pembuatan kue ini berupa kelapa, susu, tepung terigu, mentega dan yang terakhir adalah telur. Kue ini terkenal sebagai warisan dari Belanda.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) juga telah masuk dalam Makanan Khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah.

Klapertaart adalah kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia. Klappertaart sesungguhnya memiliki arti cake kelapa atau tart kelapa. Klapertaart ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa. Kue ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Klapertaart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan.


Foto via : klappertaart.com

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya. Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Susu yang digunakan sebagai bahan utama cukup banyak sehingga kue ini memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya kandungan susu yang tinggi, maka klappertart dapat membantu dalam usaha pencegahan penyakit osteoporosis, menyeimbangkan tekanan pada darah, dan mencegah timbulnya kerusakan gigi.

Klapertaart dapat bertahan hingga 12 jam asalkan dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin. Tetapi jika Anda berencana untuk membawanya terbang dari Manado ke Jakarta atau kota lainnya kue ini masih bisa bertahan, asalkan ketika sampai di lokasi segera dimasukkan ke lemari es. Harga klapertaart ini berkisar antara 15.000 Rupiah hingga 60.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.

Foto Utama via : klapertartdepok.blogspot.com

Komentar kamu?