Kerajinan Kayu Khas Sorong, Papua Barat

968 views
0

WartaWisata.ID – Kerajinan khas Papua dikenal karena menggunakan bahan kayu ataupun serat kayu dan rumput-rumput kering. Sebut saja koteka, hiasan dinding, tas, hingga aksesori lain yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Jika anda memilih ingin membeli kerajinan kayu sebagai oleh-oleh.

Sebuah toko kerajinan di kawasan Puncak Arfak menjadi pilihan tepat untuk disambangi. Toko kerajinan yang sudah berdiri sejak tahun 90-an ini, menjual berbagai kerajinan dari berbagai daerah di Papua, misalnya Wamena dan lain-lain. Walaupun toko ini tidak memiliki nama, toko ini dikenal memiliki pilihan yang beragam atau komplet. Sebut saja toko kerajinan di Puncak Arfak, semua orang pasti mengenalnya.

Tak heran, saat memasuki toko ini, banyak kerajinan khas yang unik dan menggoda mata untuk dijadikan oleh-oleh. Harga yang dipatok bervariasi, ada yang harganya Rp 20.000 seperti gelang, sampai yang harganya jutaan seperti hiasan dinding dari kerajinan kayu dan bulu Cendrawasih. Untuk koteka, dijual dengan harga Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Beberapa wisatawan juga keram memburu tas noken atau tas anyaman dari kertas kayu. Harganya bervariasi dari Rp 150.000 sampai Rp 450.000. Salah satu jenis kerajinan kayu yang banyak dicari wisatawan adalah hiasan dinding terbuat dari kayu asal suku Dani.


Foto via : vibizmedia.com

Hiasan dinding ini memang bisa menjadi oleh-oleh khas yang menarik, walaupun hiasan dinding yang terbuat dari busur panah yang dihiasi bulu-bulu Cendrawasih ini harganya cukup tinggi, karena selain ukurannya besar, pembuatannya pun cukup rumit. Begitu pula hiasan dinding dari kaki buaya yang dijual dengan harga mulai dari Rp 250.000. Ada pula pajangan kayu berupa ukiran-ukiran dengan harga mulai Rp 500.000. Biasanya, wisatawan mancanegara yang menyukai hiasan dinding atau patung ukiran ini.

Foto Utama via : paradizhop.blogspot.com

Komentar kamu?