Hiasan Besi Putih, Khas dari Ternate

890 views
0

WartaWisata.ID – Besi putih, sebuah sebutan untuk kerajinan logam khas dari Morotai Maluku Utara yang semakin terkenal tidak hanya di kepulauan Maluku, tapi juga di seantero Nusantara. Besi putih adalah jenis besi yang merupakan gabungan dari beberapa jenis logam yang dimana didalamnya juga terkandung kandungan logam mulia.

Bagi anda yang hendak melancong ke Kota Tenate, tidak lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan, di Kota ini cendra mata/souvenir yang paling khas adalah besi putih khas morotai. Memang pada umumnya wisatwan domestik yang berkunjung ke Kota Ternate akan mencari produk kerajinan Besi putih, biasanya berupa Gelang, Cincin, Kalung, Anting, serta perhiasan lainnya, dan souvenir inilah yang paling banyak di minati anak muda, bukan cuma itu saja, barang yang akan di beli juga bisa di pesan untuk di tuliskan nama nya, dan tidak memakan waktu yang lama.

Adapun bahan dasar besi putih ini di datangkan dari Pulau Morotai, di bagian utara Proivinsi Maluku utara ini, dan bukan berarti juga Pulau Morotai merupakan daerah penghasil Besi Putih, melainkan besi putih itu di ambil dari rongsokan sisa Peralatan militer Sekutu peninggalan Perang Dunia dua di Pulau Morotai, memang pulau Morotai sempat di jadikan tempat konsolidasi ratusan ribu pasukan AS dan sekutunya saaat hendak melancarkan serangan balasan terhadap Jepang.

Ketika perang telah berakhir, para tentara ada yang membuang berbagai perlengkapan senjata ke lautan Morotai dan ada yang menguburkan begitu saja senjatanya di dalam tanah, Sebut saja perlengkapan memasak, aksesoris, hingga samurai. Desa Daruba di Morotai kemudian dikenal oleh masyarakat sebagai daerah sentra penghasil kerajinan Besi Putih.

Penduduk Morotai kemudian memanfaatkan besi putih dari perlengkapan senjata yang telah tidak terpakai ini untuk membuat berbagai kerajinan, Proses pembuatan dari kerajinan besi putih. Pertama, besi putih dipotong sesuai bentuk kerajinan yang ingin dibuat. kemudian besi ditempa sesuai dengan bentuk lalu baru diamplas. Pengrajin besi putih biasa menerima berbagai macam kerajinan sesuai dengan permintaan pasar.

Keunggulan besi putih yang menjadi alasan penggunaannya sebagai bahan baku kerajinan besi putih adalah karena besi putih awet dan tidak karatan. Meski begitu,calon konsumen perlu berhati-hati saat membeli kerajinan besi putih di luar Pulau Morotai. Sering kali pembeli tertipu kerajinan palsu alias bukan terbuat dari besi putih.

Harga yang ditawarkan untuk produk kecil kerajinan besi putih seperti aksesoris adalah berkisar dari harga 15.000 hingga ratusan ribu rupiah. Untuk kerajinan spesifik seperti pedang katana -biasa di sebut pedang samurai- harganya bisa mencapai kisaran puluhan juta, karena selain harga pedangnya yang mahal, sarung dan gagang pedang menggunakan kayu hitam eboni dari Morotai. Yang mana tentu saja menambah nilai eksotisme dan kesan magis dari kerajinan besi putih tersebut.

Komentar kamu?